Kamis, 21 Februari 2013

PENERAPAN HUMAS DALAM PT. NYONYA MENEER

A. Artikel Penerapan Hubungan Masyarakat Pada PT. Nyonya Meneer
Judul Artikel: Kegiatan Humas/PR PT. Nyonya Meneer Dalam Menghadapi Persaingan dengan Industri Jamu Lainnya
Pengarang : Daniar Surya N
Review       : Rizki Al Kharim

     Peran seorang Humas atau Publik Relations (PR) penting bagi suatu instansi atau perusahaan. Sebab PR berfungsi menumbuhkan hubungan baik antara segenap komponen pada suatu lembaga atau perusahaan dalam rangka memberikan pengertian, menumbuhkan motivasi dan partisipasi. PR sebagai mediator yang menjembatani kepentingan instansi atau perusahaan dengan publiknya yang terkait dengan kegiatan PR itu sendiri, yaitu senantiasa menciptakan, menjaga dan meningkatkan citra positif.
     Publik Relations (PR) mempuyai tanggung jawab baik keluar maupun kedalam, untuk menjaga eksistensi dari perusahaan dimana Publik Relations (PR) tersebut berada. Kegiatan Publik Relations (PR) begitu besar, luas dan kompleks karena bukan hanya menangani pihakpihak yang berada di lingkungan dalam perusahaan tetapi juga pihak-pihak yang berada pada lingkungan luar organisasi yang beragam keinginan, kebutuhan dan kepentingannya.
Kegiatan sehari-hari seorang Publik Relations (PR) adalah mengadakan kontak social dengan kelompok masyarakat untuk menjaga hubungan baik. Aspek tanggung jawab social dalam dunia Publik Relations (PR) adalah cukup penting tidak hanya memikirkan keuntungan materi bagi perusahaan, tetapi juga kepedulian kepada masyarakat untuk mencapai sukses dalam memperoleh simpati atau empati dari publiknya, hal ini juga merupakan fungsi dari PR.
     Jamu sebagai obat tradisional Indonesia sudah dikenal sebagai bagian dari kebudayaan yang telah berkembang dari generasi ke generasi. Banyaknya industri jamu sekarang ini seperti PT Sido muncul, PT Jamu Jago menyebabkan tingkat persaingan semakin tinggi, untuk mampu bertahan setiap perusahaan harus mampu memenangkan persaingan bisnis, serta dapat mencapai tujuan perusahaan. Salah satu jamu tradisional yang masih eksis sampai dengan sekarang ini adalah jamu Nyonya Meneer. Untuk bisa bertahan dalam persaingan , perusahaan harus mempunyai keunggulan bersaing (competitive advantage) dibandingkan dengan kompetitornya. Keunggulan bersaing akan menjadi senjata untuk menaklukkan pasar dan kompetisi.
    Sejalan dengan persaingan yang semakin tajam, banyak berbagai jenis produk atau jasa yang ditawarkan oleh perusahaan kepada konsumen. Perusahaan harus bisa menetapkan, menerapkan kebijakan dan kegiatan yang tepat untuk konsumen maupun pesaing dalam mempertahankan kelangsungan hidup usahanya. Dalam menghadapi persaingan tersebut, dibutuhkan suatu usaha untuk menarik sebanyak mungkin pembeli yang ada, karena dengan semakin banyaknya pembeli kemungkinan untuk memperoleh keuntungan yang diharapkan sangat besar. Selain itu, juga diperlukan usaha-usaha untuk dapat mempertahankan pembeli yang ada sekarang jika perusahaan sudah berada pada posisi persaingan yang baik, perusahaan harus bisa menetapkan, menerapkan kebijakan dan kegiatan yang tepat. Usaha-usahanya seperti mengiklankan hasil produknya ke televisi agar para konsumen mengetahui keunggulan produk yang akan ditawarkan ke mereka (para konsumen).

Baca Selengkapnya... Silahkan Download

0 komentar:

Poskan Komentar

Komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Berita Terkini

Loading...

Kunjungan

 

Subscribe to our Newsletter

Contact our Support

Email us: rizkialkharim@ymail.com

Our Team Memebers